Kamis, 29 September 2011

Kemuhammadiyahan

Suatu pagi dihari kamis,dipagi itu gua bangun sedikit agak kesiangan.Tapi belum dikategorikan kesiangan,gua bangun sekitar jam 7 pagi.Gag tau kenapa tiba-tiba keisengan gua keluar begitu aja,keisengan seperti apa yang gua lakuin??yahh gua iseng membuka buku pellajaran sewaktu gua sekolah dulu(masa-masa STM).Dan buku gua buka adalah buku pelajaran kemuhammadiyahan(gua dulu sekolah dimuhammadiyah),dan sedikit gua membawanya.Lalu gua berpikir untuk gua post aja ni tulisa keblog gua.kan bar rame gitu.


Tulisan ini mungkin mengharah kesejarah berdirinya organisasi kemuhammadiyahan.oke langsung aja ni gua tulis sedikit tenteng muhammadiyahan.Muhammadiyah berdiri pada masa indonesia masih dijajah oleh kaum penjajah,kaum penjajah itu sangat menyesengsarakan dan membodohkan kaum masyarakat yang miskin dan yang kurang dalam pemahaman agamanya.Dan dari sini lah seorang yang bernama KH.Ahmad dahlan mendirikan suatu organisasi yang bernama Muhammadiyah yang bisa diartikan sebagai para pengikut kanjeng nabi besar Muhammad saw.


Berdasarkan keahlian dari KH.Ahmad Dahlan ini dalam ilmu hisab(perhitungan) dan dalam ilmu falaq(ilmu bintang),maka pada tahun 1898 beliau meluruskan arah kiblat secara benar.Dan ide tersebut diterapkan dalam merombak masjid pribadi yang mendapatkan tantangan kaum muda kauman.KH.Ahmad Dahlan memiliki filsafat amal imiyah yaitu “pengalaman yang harus didasarkan pada ilmu pengetahuan” maka mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan keniscayaan,sehingga beliau tergugah untuk merintis sekolah yang semula diteras rumah dan akhirnya membangun gedung standart.

Med de qur’an ialah sekolah yang dibangun oleh beliau dikampung suronatan(kalau tulisan gua tidak salah),dan pada akhirnya pendidikan Muhammadiyah mengalami perkembangan sehingga tahun 1926 beliau kembali mendirikan His med de qur’an.

Dan pada tahun 1922 beliau mendirikan musholla khusu untuk kaum perempuat dikauman-yogyakarta.Dan merintis rumah sakit pko Muhammadiyah diYogyakarta pada tanggal 1923.Panggilan jiwa sebagai mubaliqh mendorong KH.Ahmad Dahlan untuk melakukan penyiaran agama islam hingga keluar kota Yogyakarta,dan pada tahun 1918 beliau bertabligh kekota Solo dalam mengajikan SAFT(sidiq,amanah,fathonah,tabligh).

Organisasi Muhammadiyah berkembang tidak hanya dikota yogyakarta dan sektarnya saja,namun diluar pulau jawa juga mulai tertarik untuk mengikutinya.Sehingga pada tahun1925 Muhammadiyah mendirikan cabang dikota Kudus dan setahun kemudian muhammadiyah mendirikan cabang lagi dikota Padang-Sumatra Barat dan juga dikota Makassar.

Dengan datangnya tentara jepang yang memposisikan saudara tua,maka Muhammadiyah memberi izin kepada kadernya untuk berperang mengusir tentara jepang tersebut.Seperti Ki Bagus Hadikusuma dijadikan anggota Tjua sagi in,dan Mr.Kasman Singadimeja menjadi anggota Dai danco.Dan untuk mempersiapkan kemerdekaannya nanti KH.Mas mansyur didaulat menjadi anggota 4 serangkai.

Dan gag bersa hari pun sudah siang,gua harus siap-siap untuk berangkat kekampus.Mungkin cukup sekian dari gua tentang Muhammadiyah.Semoga aja tulisan gua ini bermanfaat buat semua orang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar